Contoh Naskah Drama jawa tengah

Contoh Naskah Drama jawa tengah - Kami akan sampaikan disini Contoh Naskah Drama jawa tengah lengkap sekali sehingga anda bisa mendapatkan Contoh Naskah Drama jawa tengah dini selengkapnya dan tentunya ini akan bisa menjadi Contoh Naskah Drama jawa tengah untuk pertunjukan anda dan tentunya Contoh Naskah Drama jawa tengah ini akan bisa menjadi salah satu prestasi anda disaat anda melakukan Drama dengan teman-teman anda dipentas. Ini adalah salah satu Contoh Naskah Drama jawa tengah terbaik yang bisa kami posting dan bisa menjadi pelajaran yang sangat berguna sekali karena Cerita Contoh Naskah Drama jawa tengah ini sangat menyentuh hati, kocak dan sangat menyenangkan sekali saat dipentaskan dengan teman-teman nantinya.

Untuk itu dapatkan Contoh Naskah Drama jawa tengah ini disini yang kami berikan lengkap sehingga bisa menjadi pertunjukan yang sangat bagus sekali, dan anda akan mendapatkan nilai bagus untuk Contoh Naskah Drama jawa tengah ini, lengkap sekali Contoh Naskah Drama jawa tengah ini dan pastinya kamu semua akan puas dengan Contoh Naskah Drama jawa tengah tersebut, dan untuk untuk itu langsung dapatkan Contoh Naskah Drama jawa tengah dibawah ini yang sobat semua.

Timon Mas

Narator:

Alkisah, di sebuah desa di daerah Jawa Tengah, hiduplah seorang perempuan paruh baya. Ia ingin memiliki seorang anak. Namun sayangnya suaminya telah meninggal dunia. Ia sangat berharap suatu keajaiban  datang padanya. Untuk meraih harapan itu, siang malam ia selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha kuasa agar diberi anak.


Pada suatu malam, harapan itu datang melalui mimpinya. Dalam mimpinya, ia didatangi oleh sesosok makhluk raksasa yang menyuruhnya pergi ke hutan tempat biasanya ia mencari kayu bakar untuk mengambil sebuah bungkusan di bawah sebuah pohon besar.


Saat terbangun di pagi hari.....,


(suara musik pengiring melemah lama-lama hilang berganti suara burung-burung berkicau di pagi hari)


Adegan 1


Ibu Timun Mas:

(tersentak terbangun dari tidur kemudian duduk ditempat tidur dan merenung)

Ah! Ternyata aku mimpi! Mimpiku seperti benar-benar nyata. Benar-benar ajaib! Rasanya..., aku tidak percaya dengan mimpiku. Apakah mimpiku itu akan benar-benar terjadi pada diriku?

Ah! aku tidak boleh ragu. Aku harus cari tahu makna mimpiku itu.

Aku harus pergi ke hutan sekarang juga. Semoga mimpiku smalem, membawa kebaikan pada diriku.


Narator:

Dengan penuh harapan, perempuan janda itu bergegas menuju ke tempat yang ditunjuk oleh raksasa itu. Setibanya di hutan....,


**Musik**

(volume suara meninggi kemudian melemah)



Adegan 2


Ibu Timun Mas:

Dimana ya, bungkusan seperti yang ditunjukkan raksasa itu?

Oh! Itu dia ada pohon besar. Aku segera kesana,

Hah?(terkejut) Ini ada bungkusan seperti yang ditunjukkan raksasa dalam mimpiku itu. Coba ku buka isinya.

Hah? (terkejut) Cuma Sebutir biji timun? Kukira, isi bungkusan ini seorang bayi. Tapi, apa maksudnya ya, raksasa itu menunjukkan aku sebutir biji timun ini? Buat apa  biji timun ini?aku tidak mengerti.(bingung)


Narator:

Di saat perempuan janda itu kebingungan, tanpa disadari dibelakangnya tiba-tiba ada sesosok makhluk raksasa berdiri  sambil tertawa terbahak-bahak.


Raksasa:

Ha... ha... ha...!


Ibu Timun Mas:

(tersentak kaget dan membalikkan badan)

Haaaahh??? Raksasa itu, raksasa itu(menunjuk raksasa) yang hadir dalam mimpiku! Duuuh aku, aku takuuut sekali.

Ampun, Raksasa! Jangan memakanku! Aku masih ingin hidup!


Raksasa:

Jangan takut, perempuan tua! Aku tidak akan memakanmu! Bukankah kamu menginginkan seorang anak?


Ibu Timun Mas:

(gugup) Be... benar, Raksasa!


Raksasa:

Kalau begitu, segera tanam biji timun itu! Kelak kamu akan mendapatkan seorang anak perempuan. Tapi, ingat! Kamu harus menyerahkan anak itu kepadaku saat ia sudah dewasa. Anak itu akan kujadikan santapanku!


Narator:

Karena begitu besar keinginannya untuk memiliki anak, tanpa sadar Ibu Timun Mas menjawab.....


Ibu Timun Mas:

Ba....Baiklah, Raksasa! Aku bersedia menyerahkan anak itu nanti kepadamu.


Narator:

Begitu perempuan janda itu selesai menyatakan kesediaannya, raksasa itu pun berlalu dari hadapannya. Perempuan itu segera menanam biji timun itu di ladangnya. Setiap hari ia merawat tanaman itu dengan baik. Dua bulan kemudian, tanaman itu pun mulai berbuah....


**Musik**

(volume suara meninggi kemudian melemah)


Adegan 3


Ibu Timun Mas:

Syukurlah! Tanaman timunku sudah berbuah. Tapi kok buahnya cuma satu ya, dan buahnya besar sekali tidak seperti buah timun pada umumnya. Sungguh aneh! Dan Warnanya pun berwarna kuning keemasan. Hup! Cakep sekali timun ini. Sepertinya timun ini juga sudah masak. Sebaiknya aku petik sekarang juga dan segera ku bawa pulang.

Duuuh, ternyata berat sekali timun ini!


**Musik**

(volume suara meninggi kemudian melemah)



Narator:

Begitu sesampainya di rumah, perempuan janda itu segera membelah timun mas dengan sangat berhati-hati sekali. Dan......apa yang dilihatnya....


Ibu Timun Mas:

(terkejut) haaahh??

Seorang bayi perempuan? Wuaaah! bayi ini sangat cantik sekali. Aku ingin sekali menggendongnya.


Bayi:

(tangisan bayi)Oaek....oaek....oaek.....!


Ibu Timun Mas:

Hah? Bayi ini menangis. Aku bahagia sekali mendengar suara tangisan bayi ini. Sudah lama aku merindukan suara tangisan bayi dalam dekapanku.

Baiklah anakku sayang, karena kau lahir dari dalam sebuah timun yang berwarna keemasan , sekarang kau kuberi nama, Timun Mas.

Tapi kau jangan menangis lagi ya, sayang. Ini ibumu, Nak!  Cup... cup... cup..!, Jangan menangis ya.


Narator:

Perempuan janda itu merasakan sangat bahagia hingga tak terasa, air matanya menetes membasahi kedua pipinya yang sudah mulai keriput. Perasaan bahagia itu membuatnya lupa kepada janjinya bahwa dia akan menyerahkan bayi itu kepada raksasa itu suatu saat kelak. Ia merawat dan mendidik Timun Mas dengan penuh kasih sayang hingga tumbuh menjadi gadis yang cantik, cerdas dan perangainya baik. Oleh karena itu, ia sangat sayang kepadanya.


Suatu malam, perempuan janda itu kembali bermimpi didatangi oleh raksasa itu dan berpesan kepadanya bahwa seminggu lagi ia akan datang menjemput Timun Mas. Sejak itu, ia selalu duduk termenung seorang diri.


Adegan 4


Ibu Timun Mas:

(Menangis) Aku tidak bisa berpisah dengan anak yang sangat kusayangi. Kenapa aku baru menyadari bahwa raksasa itu ternyata jahat. Timun Mas akan dijadikan santapannya. Aku tidak rela! Aku sediiiih sekali!


Narator:

Tanpa disadari perempuan janda itu, Timun Mas sering memperhatikan ibunya duduk termenung sendirian  kemudian di suatu sore, Timun Mas memberanikan diri untuk menanyakan kegundahan hati ibunya.


Timun Mas:

Bu, akhir-akhir ini ibu sering termenung, dan kelihatannya ibu nampak sedih. Apa yang sedang ibu pikirkan?barangkali, aku bisa membantu mengurangi kesedihan ibu?


Ibu Timun Mas:

(gundah) Gimana ya? Ibu tidak ingin kau ikut bersedih, Nak. ibu tidak ingin kehilanganmu. Ibu tidak bisa jauh darimu. Ibu, sangat menyayangimu.


Timun Mas:

Apa maksud ibu? Aku tidak mengerti bu. Ada apa sebenarnya bu? Katakan sejujurnya. Kenapa ibu bicara seperti itu? Aku makin tidak mengerti bu. Katakan terus terang ibu!


Ibu Timun Mas:

Heeemmm!.....Karena kau memaksa ibu terus,

Ya sudah, baiklah, Nak. Ibu akan menceritakan asal usulmu. Sebenarnya ibu tidak ingin  menceritakan perihal asal-usulmu  yang selama ini ibu rahasiakan.

(wajah sedih)Maafkan Ibu, Nak! Selama ini Ibu merahasiakan sesuatu kepadamu.


Timun Mas:

Rahasia apa, Buuu?


Ibu Timun Mas:

Timun Mas......,Sebenarnya...., kamu bukanlah anak kandung Ibu yang lahir dari rahim Ibu.


Timun Mas:

(menyela)Apa bu?! Aku bukan anak kandung ibu?! Trus aku ini anak siapa bu?!


Ibu Timun Mas:

Tenang dulu anakku.baiklah, akan ibu ceritakan semuanya perihal dirimu.


Ibu Timun Mas:

Ibu pernah bermimpi didatangi raksasa besar. Kemudian raksasa itu menyuruh mengambil bungkusan di hutan, di dalam bungkusan itu ada biji timun kemudian disuruh menanam. Setelah berbuah, buah itu akan diambil raksasa untuk dijadikan santapannya. Dan isi buah itu adalah....kau, anakkku!(sambil memeluk Timun Mas)


Timun Mas:

(melepaskan pelukan ibunya) Apa maksud, Ibu? Jadi, jadi, aku ini lahir berasal dari dalam sebuah timun Mas lalu akan dijadikan santapan raksasa? Begitu bu? A, aku tidak percaya ibu!


Ibu Timun Mas:

Cerita ibu, benar anakku!


Timun Mas:

(memeluk ibunya)Timun tidak mau ikut bersama raksasa itu, bu! Timun takut sekali! Timun sangat sayang kepada Ibu yang telah mendidik dan membesarkan Timun.


Ibu Timun Mas:

Iya anakku. Ibu, juga sangat sayang padamu dan ibu tidak akan melepaskanmu begitu saja untuk santapan raksasa. Ibu akan cari cara untuk menyelamatkanmu dari raksasa jahat itu, nak!


Timun Mas:

Makasih, ibu!


**Musik**

(volume suara meninggi kemudian melemah)


Narator:

Berhari-hari Ibu Timun Mas memikirkan cara untuk menyelamatkan anak kesayangannya tapi belum juga menemukan jalan keluar. Sampai pada hari yang telah dijanjikan oleh raksasa itu, Ibu Timun Mas belum juga menemukan jalan keluar. Hatinya pun mulai cemas. Dalam kecemasannya, tiba-tiba ia menemukan sebuah akal.


 Ia menyuruh Timun Mas berpura-pura sakit. Dengan begitu, tentu raksasa itu tidak akan mau menyantapnya. Saat matahari mulai senja, raksasa itu pun mendatangi gubuk Ibu Timun Mas.



Adegan 5


Raksasa:

Ha...! ha...! ha....!Hai, Perempuan Tua! Mana anak itu? Aku akan membawanya sekarang!


Ibu Timun Mas:

(membujuk raksasa dan mengulur waktu agar Timun Mas selamat)

Maaf, Raksasa! Anak itu sedang sakit keras. Jika kamu menyantapnya sekarang, tentu dagingnya tidak enak. Bagaimana kalau tiga hari lagi kamu datang kemari? Aku akan menyembuhkan penyakitnya terlebih dahulu!


Raksasa:

Ha....ha.....ha......!Baiklah, kalau begitu! Tapi, kamu harus berjanji akan menyerahkan anak itu kepadaku!


Ibu Timun Mas:

Baik, baik raksasa! Akan aku tepati janjiku.



Narator:

Raksasa itu pun berlalu dari hadapan Ibu Timun Mas. Ibu Timun Mas kembali bingung mencari cara lain. Setelah berpikir keras, akhirnya ia menemukan cara yang menurutnya dapat menyelamatkan anaknya dari santapan raksasa itu. Ia akan meminta bantuan kepada seorang pertapa yang tinggal di sebuah gunung.


Adegan 6


Ibu Timun Mas:

Anakku! Besok pagi-pagi sekali Ibu akan pergi ke gunung untuk menemui seorang pertapa. Dia adalah teman almarhum suami Ibu. Barangkali dia bisa membantu kita untuk menghentikan niat jahat raksasa itu.


Timun Mas:

Ya, bu. Ibu benar! Kita harus membinasakan raksasa itu. Timun tidak mau menjadi santapannya!


**Musik**

(volume suara meninggi kemudian melemah)


Narator:

Keesokan harinya, pagi-pagi sekali, berangkatlah Ibu Timun Mas ke gunung itu. Sesampainya di sana, ia langsung menemui pertapa itu dan menyampaikan maksud kedatangannya.


Adegan 7


Ibu Timun Mas:

Permisi Kyai.


Pertapa:

Ooh Ada apa Nini? ada apa kau tiba-tiba datang kemari?


Ibu Timun Mas:

Maaf, Kyai.  Maksud kedatangan saya kemari ingin minta bantuan pada Kyai.


Pertapa:

Apa yang bisa aku bantu?


Ibu Timun Mas:

Begini Kyai, saya punya seorang putri yang saya beri nama Timun Mas. Dan putri saya itu akan dijadikan santapan raksasa besar. Saya tidak ingin anak saya itu mati jadi santapan raksasa itu, Kyai. Saya, sangat sayang pada putri saya, Kyai. Saya harap, Kyai bersedia membantu saya.


Pertapa:

Ooh jadi begitu, baiklah aku bersedia membantumu.



Tunggu sebentar ya. (masuk ke dalam sebuah ruangan)


Ibu Timun Mas:

Ya, Kyai.


Narator:

Tak berapa lama, pertapa itu kembali sambil membawa empat buah bungkusan kecil, lalu menyerahkannya kepada Ibu Timun Mas.


Pertapa:

Nah, ini berikanlah bungkusan ini kepada anakmu. Keempat bungkusan ini masing-masing berisi biji timun, jarum, garam dan terasi. Jika raksasa itu mengejarnya, suruh sebarkan isi bungkusan ini!, jelas?


Ibu Timun Mas:


Iya, iya Kyai. Terimakasih Kyai.

Kalau begitu,  saya pamit pulang.


Pertapa:

Ya. hati-hati.


Narator:

Setiba di gubuknya, Ibu Timun Mas segera menyerahkan keempat bungkusan itu pada Timun Mas,


**Musik**

(volume suara meninggi kemudian melemah)

Adegan 8


Ibu Timun Mas:

Timun Mas, Timun Mas, ibu datang Nak. Kemarilah Nak ibu bawa sesuatu.


Timun Mas:

Ya bu. Bawa apa bu?


Ibu Timun Mas:

Nak, ini ibu bawakan beberapa bungkusan ini untuk melawan raksasa jahat itu!


Timun Mas:

Bungkusan ini kok kecil-kecil bu? Gimana kita menggunakannya bu? Sedangkan raksasa itu besar sekali! Apa raksasa itu bisa mati hanya dengan bungkusan kecil ini bu?


Ibu Timun Mas:

Ssstttt! Ini adalah senjata yang bisa kau gunakan apabila raksasa itu datang kesini lagi.  bungkusan ini berisi biji timun, jarum, garam dan terasi. Bungkusan-bungkusan ini harus kamu pegang. Jika raksasa itu akan menyantapmu dan mengejarmu, segera sebarkan isi bungkusan ini! jelas Nak?


Timun Mas:

Jelas ibu. Tapi, tapi Timun takut, ibu.


Ibu Timun Mas:

Jangan takut anakku. Kau sudah punya senjata. Dan ibu juga sudah agak tenang karena kau sudah memegang senjata.


Timun Mas:

Baik, ibu.


Narator:

Dua hari kemudian, Raksasa itu pun datang untuk menagih janjinya kepada Ibu Timun Mas. Ia sudah tidak sabar lagi ingin membawa dan menyantap daging Timun Mas.


Adegan 9


Raksasa:

Hai, perempuan tua! Kali ini kamu harus menepati janjimu. Jika tidak, kamu juga akan kujadikan santapanku! Ha....ha.... ha....!


Ibu Timun Mas:

Baik, raksasa. Aku panggil dulu putriku.

Timun Mas putriku, kemarilah nak. Ini ada yang mencarimu.


Narator:
Ibu Timun Mas tidak gentar lagi menghadapi ancaman raksasa. Dengan tenang, ia memanggil Timun Mas agar keluar dari dalam gubuk. Tak berapa lama......., Timun Mas pun keluar lalu berdiri di samping ibunya.


Timun Mas:

Ada apa ibu?(melirik ke raksasa) haaahhh? Raksasa! Aku takut bu. Takuuuuut!



Ibu Timun Mas:

(berbisik)Jangan takut, Anakku! Jika raksasa itu akan menangkapmu, segera lari dan ikuti petunjuk yang telah kusampaikan kepadamu!


Timun Mas:

Baik, Bu!


Raksasa:

Hemmm! Gadis ini pasti sangat lezat jika kusantap!

Ha....ha....ha....!

Aku makin tidak sabar untuk menyantapnya!

Ayo kemarilah nak mendekatlah padaku!


Timun Mas:

(sambil lari) aku tidak mau! Aku tidak sudi jadi santapanmu!


Narator:
Melihat Timun Mas yang benar-benar sudah dewasa, raksasa itu semakin tidak sabar ingin segera menyantapnya. Ketika ia hendak menangkapnya, Timun Mas segera berlari sekencang-kencangnya.


Raksasa:

Ha.... ha....ha....!

Mau lari kemana kau, gadis?


Narator:
Raksasa itu pun mengejarnya. Tak ayal lagi, terjadilah kejar-kerajaan antara makhluk raksasa itu dengan Timun Mas. Setelah berlari jauh, Timun Mas mulai kecapaian, sementara raksasa itu semakin mendekat.


Timun mas:

Aduh!(terjatuh) aku capai sekali! Duuuh gimana ini, raksasa itu makin mendekat padaku.


Raksasa:

(mendekat ke Timun Mas) Ha....ha...ha.....!Mau lari kemana anak manis?


Timun Mas:

Oh iya, aku harus mengeluarkan bungkusan yang diberikan ibu.


Narator:
Setelah kecapaian, Timun Mas menebar biji timun yang diberikan oleh ibunya. Sungguh ajaib, hutan di sekelilingnya tiba-tiba berubah menjadi ladang timun. Dalam sekejap, batang timun tersebut menjalar dan melilit seluruh tubuh raksasa itu. Namun, raksasa itu mampu melepaskan diri, dan kembali mengejar Timun Mas.


Raksasa:

Ha....ha....haaa.....! mau lari kemana kau Timun Mas?!


Narator:
Timun Mas pun segera melemparkan bungkusan yang berisi jarum. Dalam sekejap, jarum-jarum tersebut berubah menjadi rerumbunan pohon bambu yang tinggi dan runcing. walaupun kakinya berdarah-darah karena tertusuk bambu. Namun, raksasa itu mampu melewatinya....,


Raksasa:

Ha....ha....haaa.....! mau lari kemana kau Timun Mas?! Aku akan terus mengejarmu!


Timun Mas:

Duuuh gimana ini? Aku sudah melempar 2 bungkusan biji timun dan jarum, raksasa itu masih berhasil menyelamatkan diri dan terus mengejarku. Aku takuut sekali. Ah! Ga apa-apa. Aku masih punya beberapa bungkusan lagi. Baik, aku buka bungkusan satunya lagi!


Narator:
Timun Mas membuka bungkusan ketiga yang berisi garam lalu menebarkannya. Seketika itu pula, hutan yang telah dilewatinya tiba-tiba berubah menjadi lautan luas dan dalam, namun raksasa itu tetap berhasil melaluinya dengan mudah.


Timun Mas:

(cemas) duuuh gimana ini? Bungkusan yang ketiga sudah kutebarkan juga, tapi raksasa itu masih bisa menyelamatkan diri. Kini senjataku tinggal satu-satunya.

Jika senjataku satu-satunya ini tidak berhasil melumpuhkan raksasa itu, maka tamatlah riwayatku. Baiklah! Aku akan berusaha semoga senjataku yang tinggal satu ini bisa membinasakan raksasa itu!

Nih raksasa! Terimalah iniiii!!!(dilemparkan bungkusan yang terakhir ke arah raksasa)


**Musik**

(volume suara meninggi kemudian melemah)


Narator:
Dengan penuh keyakinan, ia pun melemparkan bungkusan terakhir yang berisi terasi. Seketika itu pula, tempat jatuhnya terasi itu tiba-tiba menjelma menjadi lautan lumpur yang mendidih. Alhasil, raksasa itu pun tercebur ke dalamnya dan tewas seketika.


Timun Mas:

Syukurlah! Raksasa itu sudah mati. Aku selamat. Terimakasih Tuhan! Aku harus segera pulang menyampaikan kabar gembira ini pada ibu.

(berlari kemudian memeluk)

ibu......! aku selamat ibu! Aku selamat dari kejaran raksasa itu, ibu! Raksasa itu kini sudah mati!


Ibu Timun Mas:

Apa? Kau selamat anakku?!

Syukurlah! Ibu senang sekali. Ibu bahagia, Nak. Akhirnya kau selamat, Nak.(berpelukan)


Narator:
Sejak itu, Ibu Timun Mas dan Timun Mas hidup berbahagia.

(Narator naik ke atas pentas dan menutup peragaan drama)

Saat ini anda sudah membaca tentang Contoh Naskah Drama jawa tengah yang kami berikan diatas, semoga bisa menjadi info bermanfaat ya, dan jangan lupa baca selengkapnya disini untuk Kumpulan Naskah Drama yang lainnya juga.

0 Response to "Contoh Naskah Drama jawa tengah"

Posting Komentar