Contoh Naskah Drama islam

Contoh Naskah Drama islam - Kami akan sampaikan disini Contoh Naskah Drama islam lengkap sekali sehingga anda bisa mendapatkan Contoh Naskah Drama islam dini selengkapnya dan tentunya ini akan bisa menjadi Contoh Naskah Drama islam untuk pertunjukan anda dan tentunya Contoh Naskah Drama islam ini akan bisa menjadi salah satu prestasi anda disaat anda melakukan Drama dengan teman-teman anda dipentas. Ini adalah salah satu Contoh Naskah Drama islam terbaik yang bisa kami posting dan bisa menjadi pelajaran yang sangat berguna sekali karena Cerita Contoh Naskah Drama islam ini sangat menyentuh hati, kocak dan sangat menyenangkan sekali saat dipentaskan dengan teman-teman nantinya.

Untuk itu dapatkan Contoh Naskah Drama islam ini disini yang kami berikan lengkap sehingga bisa menjadi pertunjukan yang sangat bagus sekali, dan anda akan mendapatkan nilai bagus untuk Contoh Naskah Drama islam ini, lengkap sekali Contoh Naskah Drama islam ini dan pastinya kamu semua akan puas dengan Contoh Naskah Drama islam tersebut, dan untuk untuk itu langsung dapatkan Contoh Naskah Drama islam dibawah ini yang sobat semua.

Judul : Amanat
Pemain drama

1. Jajang
2. Zulia
3. Hidayah
4. Zulham
5. Marhan
6. Lia
7. Rahmat
8. Wildan
9. Ustadz Sholihin
10. orang 1
11. orang 2
12. orang 3
13. orang 4
14. maisarah
15. harits
16. hafsah
17. mas’ud

Adegan pertama

kehidupan rumah tangga yang sederhana serta budaya betawi yang serba unik. Jajang si tukang insinyur tengah berkemas akan mencari lamaran pekerjaan.

Zulia
Bang … bang Jajang … hingga kapan kita akan hidup layaknya ini. aye kagak kuat lagi, bang. setiap hari makannya tempe ame lalapan. emangnya kita kambing ape ? makan lalapan terus-terusan. sekali-kali makan ayam kek. tuh kaya orang bule dong, makannya roti bulet dalamnye ade daging ame dedaunan gunakan saos. ( tiba – tiba Jajang nampak ) namanye ape bang ?

Jajang
Ah … norak lu. gitu aje kagak tahu. burger namanye.

Zulia
Ya maklumlah bang, aye kagak dulu makan tuh burger. kok abang tahu ? telah dulu makan yach ? ! tentu ke restoran, ya bang !

Jajang
Bagaimana akan makan ? pekerjaan aje kagak dapet – dapet. kok akan sombong.

Zulia
Abang sih tentukan - tentukan pekerjaan. kan banyak bang perusahaan perlu karyawan. karyawan pabrik, karyawan toko, karyawan …( tiba-tiba disela )

Jajang
Udahlah janganlah ngoceh terus-terusan. aye akan berangkat ngantar lamaran kerja.

Zulia
Bang, tabungan kite telah menipis nih. janganlah pulang - pulang beli koran terus-terusan. yang dicari hanya lowongan kerjaan aje. pikirin juga anak kita yang perlu biaya sekolah.

Jajang
Zulia … lu pagi – pagi bisanya ngomel terus-terusan. bukannya suami akan berangkat didoain kek. aye terus akan ngelamar kerjaan yang cocok dengan prestasi sekolah aye.

Zulia
Bang, beberapa orang sekolah tinggi, ampe bisa gelar sarjana. namun terus aje nganggur. terlebih ade orang kagak sekolah aje dapat kaya. terlebih saat ini ini, ade artis dangdut yang kagak sekolah tinggi bisa gelar profesor. rhoma irama, cici paramida, endang kurnia. ampe ki joko bodo lalu pakar supranatural bisa profesor hanya bayar satu juta. lain ame abang, dari aye pacaran ampe kawin, abang hanya bisa gelar sarjana tukang insinyur.

Jajang
Dose lu ngomongin orang seperti gitu. telah dech aye akan pergi. telah siang. jaga di rumah baik – baik. katakan ame anak-anak Bpk tidak dapat berbarengan berangkatnye.

Zulia
Ah … lelah begini terus tiap-tiap hari. kagak ade kemajuan. ( memanggil ) Hidayah … Hidayah … lama banget sih kagak berangkat - berangkat sekolah. telah jam berapakah nih ?



Hidayah
Ya mak, ini juga akan berangkat. ( mendekati mak ) untuk uang, mak. 50 ribu bikin jalur - jalur ame teman - teman. arti kerennya shooping. dengan kata lain bersihkan mata agar fresh.

Zulia
Tetap sekolah belagu sangat sih lu. sangat banyak lu minta. emangnya mak lu bank. bikin makan aje tetap ngutang sana - sini. ini, mak hanya ade 5000. itupun ngambil di dompet Bpk lu.

Hidayah
Mana cukup, mak. dikit banget sih. telah kagak zamannya mak. anak sekolah duit sakunya hanya 5000. malu mak ame teman. aye setiap sekolah kagak bisa jajan. jadi bawa bekal makan dari rumah. aye kerap diledekin ame teman – teman.

Zulia
Apa urusannya ame teman – teman lu. agar aje lu demikian. sesungguhnya lu itu contoh pelajar yang baik. ngerti situasi keluarga.

Hidayah
namun mak, banyak teman yang kerap ngatain aye. hari gini kagak punya handphon. so what gitu loh … ( menirukan style iklan )

Zulia
Ah … ada – ada saja sih lu. Zulham… cepetan berangkat sekolah. janganlah lupa minum dulu susunya.

Zulham
Tidak mau, mak.

Zulia
Memangnya mengapa dengan susu itu ?

Zulham
(menirukan iklan) ini mah teh susu.

Zulia
Itu telah jelas susu. minuman warna putih itu tentu namanya susu. bukan hanya teh.

Zulham
Pokoknya tidak mau. ini mah teh susu. susu yang bener, saya serta kau senang engkau.

Zulia
Wah … tidak mudeng. telah sana berangkat, kelak telat.. ( Hidayah & Zulhampergi ) anak zaman saat ini ini banyak yang lantas korban iklan. namun jika dipikir – pikir … bener juga yach kita ini butuh hidup serba ada. rumah gedongan, banyak perabotan, mobil mewah, handphon punya. uang berlimpah. bagaimana yach keluarga aye dapat merasakan seperti orang kaya yang serba wah … wah …

Adegan kedua

Sesuatu keluarga yang amat islamy dengan kesederhanaan namun mereka kaya iman. suami isteri tengah terlibat perbincangan –bincang perihal keluarga betawi tetangganya. dua th. lantas, keluarga si Jajang telah beralih.

Marhan
Telah dua th. ini keluarga kita rasakan ketenangan. kita pantas bersyukur pada allah swt atas semua rahmat serta enaknya. walau situasi hidup kita sederhana namun serba kecukupan.

Lia
Terlebih tetangga kita ini telah lama tidak bertengkar lagi. terlebih dengan kesibukannya mereka jarang sekali di rumah. Jajang yang saat ini lantas direktur punya banyak perusahaan. isterinya Zulia juga kerap mengadakan arisan ibu – ibu di komplek. namun anaknya si Hidayah telah kerja sembari kuliah di kampus yang ternama. terlebih si kecil Zulhamsekolah di negeri.

Marhan
Ya … begitulah rizki seseorang. allah telah memastikan nasib hambanya. jangan sampai kita lantas iri dikarenakan pergantian kehidupan mereka.

Lia
Namun … yang ibu heran. apakah dapat secepat itu orang jadi berhasil ? didalam periode 1 tahun.

Marhan
mungkin, seluruh itu bergantung dengan motivasi usahanya. namun memanglah … Bpk juga tidak habis pikir. mengapa mereka dapat kaya secepat itu ? itupun kuasa allah. semoga kekayaan itu datang dari hasil usaha yang dibenarkan allah serta disalurkan untuk hidup di jalur allah juga.

Lia
Kita juga mesti berterima kasih pada mereka. Rahmatsaat ini telah bekerja pada Jajang. semoga anak kita bisa berhasil juga layaknya mereka.

Marhan
Benar juga, dari pada Rahmatmenganggur terus. tambah baik bila telah mapan maka secepatnya Rahmatsegera melacak jodoh dikarenakan telah cukup umur serta tanggung jawabnya. ( tiba-tiba Rahmatmasuk dengan terburu-buru serta panik ) Rahmat… Rahmat… ada apa anda ini ?

Lia
Rahmat… anda kanapa ? kelihatannya panik sekali. Rahmat… terangkan pada ibu. ada apa anda sesungguhnya ?

Rahmat
Saya mesti pergi. tak ada waktu lagi.

Lia
Apa yang kau kerjakan ini ? ibu tidak tahu, apa maksudmu ?

Rahmat
Saya tidak dapat menjelaskan seluruh ini. saya segera meninggalkan rumah ini sesaat waktu.

Marhan
Kau janganlah bicara sembarangan, ahmad. Bpk serta ibu mesti tahu seluruh ini. apa alasanmu pergi demikian saja. tolong terangkan.

Rahmat
Bpk … ibu … mengertilah dengan situasiku. kelak saja dapat saya terangkan. saya tidak dapat menjelaskan saat ini. namun izinkan saya pergi serta bila ada yang mencariku tolong katakan tidak paham perihal keberadaanku. maafkan saya … ( muncullah Wildan)

Wildan
Kau tidak dapat pergi demikian saja. kau mesti tanggung jawab. enak saja kau meninggalkan problem besar ini padaku.

Marhan
Ada apa lagi ini ? katakan wahyu, ada problem apa yang tengah menimpa kalian ?

Wildan
Saya minta pertanggung jawaban Rahmatyang sudah lakukan penipuan padaku serta teman-2ku.

Rahmat
bohong. saya sekalipun tidak lakukan kejahatan penipuan. saya bekerja mati-matian dengan kejujuran serta tanggung jawab besar pada bang Jajang. tak ada sedikitpun saya menipu kalian seluruh.
proposal mengajukan dana multi level itu dibikin oleh bang Jajang. saya juga jadi ditipu apalagi beberapa puluh juta dana penduduk hilang demikian saja dikarenakan ulah si bang Jajang.

Wildan
namun kau terus mesti tanggung jawab.

Rahmat
enak saja saya yang bertanggung jawab. kita ini keduanya sama ditipu.


Marhan
telah janganlah ribut. kelak seluruh ini diketahui orang.

Wildan
agar saja, seluruh orang telah tahu. seluruh orang yang tertipu saat ini ini tengah menyerbu ke rumah si Jajang rame – rame. tak hanya melacak keluarga Jajang juga pastinya melacak kau, ahmad.

Marhan
bila demikian kita segera ke sana.

Lia
janganlah pak. kelak bagaimana dengan nasib ahmad. dapat – dapat dipukuli serta dikeroyok massa.

Marhan
mustahil penduduk mengamuk serta main hakim sendiri. kita punya hukum serta keadilan yang butuh ditegakkan. baiknya kau mesti terangkan pada seluruh orang. Wildan! kau mesti membuat perlindungan ahmad. biarlah Bpk menghubungi tokoh penduduk serta aparat keamanan.

Wildan
baiklah pak marzuki. kami dapat segera ke sana. permisi bu laila.

Marhan
bu, kami pergi dulu. do’akan seluruh problem ini bisa dikerjakan ! assalaamu ‘alaikum.

Lia
walaikum salaam. hati – hati anakku. semoga allah membuat perlindungan kalian.

Adegan ketiga

situasi bergejolak. penduduk yang jadi tertipu ulah si Jajang memberontak pingin menuntut pertanggung jawabannya. dimulai dengan demo massa.

orang 1
hey … Jajang keluar kau. kami menuntut janjimu. kau mesti bertanggung jawab. kau penipu.
Zulia … cepat keluar. kau juga pembohong besar.

orang 2
kekayaan kalian bukan hanya hasil keringat yang suci. Jajang … kau menggelapkan duit perusahaan. Zulia … si pembual yang menipu duit arisan ibu – ibu cepat kembalikan.
Hidayah … kau juga wanita pelacur. kuliahmu kamuflase cuma melacak status. serta kau Zulham…
perusak moral serta pemakai narkoba.

orang 3
Jajang … keluar. kami seluruh menanti di depan rumahmu. rumah hasil penipuan ( bicara ke penduduk ) kita leburkan saja rumahnya. rumah yang penuh dosa.

orang 4
baiknya segera kita bakar. tak perlu banyak ngomong. ayo bakar … bakar …

Wildan
hentikan … hentikan … tunggulah sebentar … janganlah sembarangan membakar …

orang 4
janganlah turut campur ! hai Rahmat… kau juga mesti bertanggung jawab …

orang 3
kau tidak pantas hidup … ayo bunuh Rahmatsekalian … ayo …

Marhan
hentikan seluruhnya … sabar … sabar … janganlah main hakim sendiri. itu tidak benar. terlebih main keroyokan. kita sebagai penduduk. sebagai rakyat kecil mesti punya nurani yang bersih. janganlah layaknya wakil rakyat bagian dewan yang saling berantem, gontok – gontokan tak ada juntrungannya. bicara untuk keperluan rakyat namun menindas rakyat untuk keperluan pribadi.

Rahmat
saudara – saudara … problem ini mesti dikerjakan dengan kepala dingin serta hati yang bersih. baiknya kita bicara baik - baik. saya dapat terus bertanggung jawab walau ini seluruh bukan hanya kekeliruan saya. namun kita seluruh tertipu oleh ulah si Jajang. mari kita berkumpul di balai desa.
mari seluruhnya … ( seluruh penduduk pergi berbarengan Wildanserta Rahmat)

Marhan
Jajang … saat ini keluarlah … janganlah takut … seluruh orang telah pergi … cuma ada saya, Marhanserta pak ustadz syahrul.

Ustadz Sholihin
( muncullah keluarga Jajang ) saya amat mengerti keluargamu serta saya juga amat tahu tekad penduduk yang kau kecewakan. saat ini baiknya ceritakan. mengapa seluruh ini dapat berlangsung ?

Jajang
Pak ustadz … saya memanglah bukan hanya pejabat … namun dengan seenaknya ngembat duit rakyat … dengan tipu muslihat … seluruh ini berawal dari istriku yang banyak menuntut. saya yang kaya layaknya ini dikarenakan menggunakan kemampuan sihir serta pertolongan dukun dengan kata lain pesugian. lantas saya mulai memakai kepintaranku untuk menipu seluruh orang.

Zulia
Benar apa yang dikatakan suamiku. masalahnya situasi ekonomi keluargaku yang miskin. anak kami senang dipengaruhi kekayaan temannya. terlebih iklan televisi itu yang kurang mendidik anak-2.

Ustadz Sholihin
masya allah … anda sungguh dimurkai allah. perbuatan itu amat dibenci oleh allah. semestinya kau melindungi keluargamu dari api neraka. harta serta jabatan cuma berbentuk sesaat didunia ini. namun amalan dapat membawamu di akherat kelak. agar kita miskin namun kaya iman. itu tambah baik dikarenakan sebagai bekal kelak di akherat. allah swt berikan keturunan anak padamu adalah titipan.

Bukannya anak ditelantarkan mencukupi nafsu bejat. terlebih hingga terperosok narkoba. anak itu sabagai amanat yang perlu dijaga serta dirawat baik – baik. begitupun perusahaan sudah mempercayakan dirimu sebagai pimpinan. janganlah menyalah-gunakan jabatan untuk keperluan keluarga. kau semestinya mencontoh prilaku rasulullah saw. dikarenakan nabi muhammad senantiasa memegang amanat. beliau amat jujur didalam melakukan tindakan. mari kita tengok histori kehidupan nabi muhammad saw saat berdagang.

Adegan keempat

Situasi kota syam yang demikian ramai dengan perdagangan. saat maisarah selesai berdagang namun muhammad tengah bersua dengan sahabatnya.

Hafsah
Hingga kapan kita menanti konsumen di sini. namun barang - barang yang kita jual belum banyak yang laris.

harits
Laris atau tidak laris barang jualan kita. kita terus kembali ke makkah. namun mengapa yach …
barang - barang yang dibawa padagang muhammad serta maisarah cepat laris ?

Maisarah
wahai hafsah, berhubung dagangan kami telah bersih terjual serta tak ada sisa. maka kami segera kembali ke makkah. serta besok kita dapat bersua lagi di sini.

Hafsah
lantas di mana muhammad, wahai maisarah ? apa memanglah tak lagi pulang bersamamu ?

Maisarah
saya diutus oleh siti khadijah untuk senantiasa menemani muhammad yang dipercakan untuk membawa barang dagangan ke syam ini. lagipula kami beroleh laba yang tidak sedikit. maka saya berbarengan muhammad mesti mengemukakan ke siti khadijah dengan jujur. adapun muhammad sekarang ini tengah bersua dengan sahabatnya sebentar.

Harits
kelihatannya kalian pulang lebih cepat daripada pedagang yang lain. terlebih keuntungan kalian amat besar. sesungguhnya apa rahasianya hingga dagangan kalian dapat cepat laris ?

Maisarah
sederhanya saja. muhammad mengajarkan saya langkah berdagang yang baik. sebagai seorang pedagang yang memperoleh amanat dari siti khadijah, seorang janda kaya. muhammad senantiasa memegang amanat serta senantiasa berlaku jujur didalam melakukan tindakan.

Mas’ud
wahai, maisarah. engkau saat ini tengah ditunggu muhammad untuk segera diajak kembali ke makkah. dikarenakan hari makin larut. baiknya jumpai muhammad di persimpangan sana.

Maisarah
baiklah mas’ud. saya segera mencukupi pesan itu. nyatanya kau telah bersua serta bicara dengan muhammad. mari kita ke sana. mari …

Harits
(bicara pada hafsah) bila demikian kita juga segera kembali ke makkah supaya besok kita dapat kembali ke syam dengan harapan yang baik.

Adegan kelima

Kembali ke situasi pembicaraan Ustadz Sholihindg keluarga Jajang

Ustadz Sholihin
Begitulah sesungguhnya kepribadian nabi muhammad saw. hingga setelah nabi muhammad pulang dari perjalanan ke syam itu, maka datanglah lamaran dari pihak siti khadijah pada beliau. lantas beliau mengemukakan perihal itu pada pamannya. sesudah terwujud kata setuju pernikahanpun dilangsungkan. pada saat itu umur nabi muhammad + 25 th namun siti khadijah + 40 th.

Didalam perjalanan hidupnya sejak periode kanak – kanak sampai dewasa serta hingga diangkat jadi rasul, beliau populer sebagai seorang yang jujur, berbudi luhur serta memiliki kepribadian yang tinggi. tidak ada suatu hal perbuatan serta perilakunya yang tercela yang bisa dituduhkan kepadanya. berbeda sekali dengan perilaku perbuatan umumnya pemuda – pemuda serta masyarakat kota makkah biasanya yang suka berfoya – foya serta bermabuk – mabukan itu. dikarenakan demikianlah jujurnya didalam pengucapan serta perbuatan, maka beliau diberi julukan “ al – amin “, berarti orang yang bisa dipercayai.

Marhan
Bagaimana Jajang ? kau telah mengerti bagaimana semestinya manusia itu berlaku pada sesamanya. terlebih keluargamu kaum muslim. sepatutnya lebih bertaqwa pada allah swt sebagai sang pencipta kita. serta nabi muhammad sebagai rasulullah saw pantas kita teladani didalam kehidupan 1 hari – hari.

Jajang
Bila demikian atas nama keluarga, kami dapat segera bertaubat serta pastinya merampungkan problem ini melalaui jalur hukum. kami sekeluarga menyerahkan diri pada pihak yang berwajib.

Saat ini anda sudah membaca tentang Contoh Naskah Drama islam yang kami berikan diatas, semoga bisa menjadi info bermanfaat ya, dan jangan lupa baca selengkapnya disini untuk Kumpulan Naskah Drama yang lainnya juga.

0 Response to "Contoh Naskah Drama islam"

Posting Komentar