Contoh Naskah Drama etika kebidanan

Contoh Naskah Drama etika kebidanan - Kami akan sampaikan disini Contoh Naskah Drama etika kebidanan lengkap sekali sehingga anda bisa mendapatkan Contoh Naskah Drama etika kebidanan dini selengkapnya dan tentunya ini akan bisa menjadi Contoh Naskah Drama etika kebidanan untuk pertunjukan anda dan tentunya Contoh Naskah Drama etika kebidanan ini akan bisa menjadi salah satu prestasi anda disaat anda melakukan Drama dengan teman-teman anda dipentas. Ini adalah salah satu Contoh Naskah Drama etika kebidanan terbaik yang bisa kami posting dan bisa menjadi pelajaran yang sangat berguna sekali karena Cerita Contoh Naskah Drama etika kebidanan ini sangat menyentuh hati, kocak dan sangat menyenangkan sekali saat dipentaskan dengan teman-teman nantinya.

Untuk itu dapatkan Contoh Naskah Drama etika kebidanan ini disini yang kami berikan lengkap sehingga bisa menjadi pertunjukan yang sangat bagus sekali, dan anda akan mendapatkan nilai bagus untuk Contoh Naskah Drama etika kebidanan ini, lengkap sekali Contoh Naskah Drama etika kebidanan ini dan pastinya kamu semua akan puas dengan Contoh Naskah Drama etika kebidanan tersebut, dan untuk untuk itu langsung dapatkan Contoh Naskah Drama etika kebidanan dibawah ini yang sobat semua.

Keterangan:
1.    Hardianti sebagai Bidan
2.    Hardiayanti sebagai Ibu mertua irma
3.    Harinayanti sebagai Dokter
4.    Hasni mallawa sebagai Suami irma
5.    Hasniar Nurjamal sebagai Analisis Kesehatan 2
6.    Herda Vitriani sebagai Perawat 1
7.    Herlis sebagai Kakak irma
8.    Irmayanti K sebagai Pasien atau ibu hamil
9.    Jumriah sebagai Perawat 2
10. Kasmanur sebagai Analisis Kesehatan 1

Dengan suasana yang hening dan tentram tiba-tiba kakak mendengar sang adik mual. Dengan panik sang kakak pun menghampiri adiknya.
Herlis               : adik kenapa ?
Irma                 : saya tidak tahu kak, tiba-tiba saya merasa mual
Herlis               : jangan-jangan  kamu hamil, apakah kamu telat bulan ini
Irma                 : (berpikir lalu matanya menatap ke kalender) ya sudah 2 bukan ini saya belum datang bulan.
Disebuah ruangan istirahat terdapat sepasang suami istri yang saling bercakap-cakap
Irma                 : Abi ada sesuatu yang ingin saya sampaikan
Hasni               : ia apa umi ?
Irma                 : sudah 2 bulan ini saya tidak datang bulan dan sudah beberapa hari saya  sering mual dan muntah
Hasni               : apakah kamu sakit ?
Irma                 : tidak bi , ini bi saya positif (menunjukka sebuah testpack )
Hasni                : alhamduliallah, akhirnya tuhan memberikan anugrah kepada kita …
Satu bulan kemudian , suami dan istrinya pun pergi melakukan pemeriksaan disebuah puskesmas.
Irma & Hasni : permisi sust…
Herda (Perawat 1)       : iya , ada yang bisa saya bantu pak ?
Hasni               : iya begini sust… saya ingin memeriksakan kehamilan istri saya .
Herda : oh iya kalau begitu silahkan masuk diruangan ini ! silahkan duduk  sambil menunggu bidan datang saya ukur tekanan darah ibu dulu, permisi ya Bu .. (sambil menggulung lengan baju ibu hamil) setelah mengukur Tekanan darah dilnjutkan dengan mnegukur TTV yang lain. kemudian bidan pun datang…
Herda              : pagi bu bidan , ini hasil pemeriksaan ttv dari bu irma  !
Dian                : iya , bu irma dan bapak silahkan duduk di sini !
Suami dan istrinya pun duduk berdampingan….
Dian                : bu irma ada yang bisa saya bantu ?
Irma                 : saya sekarang dalam keadaan hamil 3 bulan, setiap hari merasa mual dan ingin muntah, tidak suka makan, rasanya badan saya tidak enak
Dian               :Ibu, sudah hamil 3 bulan, merasa mual!
Irma                : Ya Bu..
Dian                  : (melihat hasil pemriksaan dari perawat) tekanan darah ibu normal
Irma                :  Berapa Ibu bidan ?
Dian                :  120/ 80 mmHg
Irma                : Jadi Ibu Bidan, bagaimana kehamilan saya ini ?
Dian               : Begini Bu, kehamilan ibu merupakan suatu proses dari pembuahan (konsepsi) sampai kelahiran janin biasanya 9 bulan 7 hari dan juga kehamilan Ibu merupakan proses alamiah (normal) dan bukan proses abnormal tetapi kondisi normal dapat menjadi abnormal.
Irma               : Jadi, apakah hal-hal yang harus saya lakukan ibu bidan untuk membantu mengurangi masalah yang saya alami ?
Dian                : kalau ibu mual muntah, ibu dapat melakukan tindakan seperti makan makanan kaya protein dan karbohidrat seperti nasi putih secukupnya, tetapi kalau ibu kurang selera makan nasi putih, ibu bisa menggantinya dengan makanan bubur beras, cracckers, dan juga ibu memakan daging-dagingan atau telur ayam dan ibu juga harus banyak minum, dan minuman yang mau ibu minum tergantung selera ibu, bisa sop, susu, koktail dan sebagainya yang bisa mengurangi rasa mual dan muntah ibu. Tetapi kalau ibu merasa lebih mual dengan mengomsumsi cairan tadi, ibu bisa ganti dengan makanan padat dengan kandungan air yang lebih tinggi seperti buah, sayuran (selada, melon, jeruk). Dan ibu harus menghindari pandangan, aroma, dan rasa makanan yang membuat ibu merasa mual. Ibu bisa makan lebih sering meskipun belum merasa lapar karena bila lambung kosong, asam lambung akan menyebabkan iritasi. Menyikat gigi dengan pasta gigi yang tidak menyebabkan mual, setiap habis mual kumur dengan obat kumur yang tidak menyebabkan muntah, kalau ibu enggan makan, ibu perlu mengganti makanan dengan yang ibu sukai. Dan perubahan pada payudara ibu itu terjadi pada semua wanita hamil karena bertujuan menyiapkan ibu untuk memberi makan bayi ibu kelak bila lahir. Karena itu, ibu harus menggunakan bra yang menyokong payudara sehingga mengurangi kecendrungan mengendur. Bila ibu merasa letih, ibu perlu banyak beristirahat atau tidak banyak bekerja dan soal ibu yang sering BAK, itu wajar pada ibu hamil seperti ibu tapi ibu bisa mengurangi dengan cara memiringkan tubuh kedepan pada saat ibu BAK, dan juga ibu membatasi minum mulaim pukul 4 sore.tetapi jangan melampaui batas kebutuhan ibu.
Irma                : Terima kasih ya bu bidan atas penjelasannya
Dian               : Sama-sama bu, semoga ibu sehat selalu dan jika ada keluhan atau masalah ibu jangan lupa untuk memeriksakannya, ya
Irma                 : Ibu bidan saya akan melaksanakan  nasehat-nasehat bu bidan,karena ini menyangkut kesehatan saya dan bayi saya .apapun akan saya lakukan untuk anak saya yang pertama ini
Dian                : Bagus bu, saya senang mendengarkannya ingat ya bu, ibu harus banyak istirahat dan makan makanan yang bergizi
Irma                 :  BAIK bu bidan permisi ya
Dian                : Hati-hati ya Bu...!!!
Beberapa bulan kemudian ... disebuah ruangan Sang suami menegur istrinya yang tampak kelihatan sakit
Hasni               : mama knpa ? (dengar khawatir)
Irma                 : kepalaku terasa sakit dan penglihatanku berkunang-kunang !
Hasni   : kalau begitu kita harus  melakukan pemeriksaan ke bidan .
Mereka pun berangkat segera ke puskesmas…diruangan bidan
Hasni               : permisi bu !
Dian                : ya silahkan masuk  dan duduk disini  , sepertinya ibu kelihatan kurang sehat ?
Irma                 : iya bu bidan akhir-akhir ini saya sering sakit kepala dan penglihatanku berkunang-kunang…
Dian                : saya periksa tekanan darah ibu dulu ! (mengukur tekanan darah) tekanan darah ibu 140/100. sebaiknya ibu periksa urine terlebih dahulu agar dapat mengetahui lebih lanjut yang ibu alami….
Mereka pun pergi keruangan laboratorium untuk melakukan pemeriksaan urine.
Hasni               : permisi bu , istri saya ingin melakukan pemeriksaan urine , tapi untuk melakukan hal tersebut apa yang harus kami lakukan ?
Kasma (Analisis kesehatan 1)  : ooh , kalau begitu  sebentar  yeach pak ! (pergi mengambil sebuah botol sample ) ini bu ! (memberikan botol  sample tersebut ) dan tolong isi biodata ibu disini ( memberikan selembar kertas )
Irma                 : ( mengambil botol sample tersebut  kemudian mengisi biodata )ini bu ! (membrikan biodatanya ) tapi botol ini untuk apa bu ?
Kasma :  botol itu digunakan untuk menampung  urine , jadi ibu dapat ke toilet sekarng , setelah itu ibu dapat kmbali ksini untuk memberikan sample urine tersebut.
Hasni               : ohh , terima kasih untuk penjelasannya
Sang  istri pergi ke toilet dan suaminya pun menunggu di depan  ruang laboratorium..beberapa menit kemudian sang istri kembali dari toilet sambil membawa sample urinenya..
Irma                 : ini bu ! (memberikan botol sample) kapan saya dapat mengambil hasil pemeriksaanya ?
Kasma : hasil pmeriksaanya dapat ibu diambil nanti.
Akhirnya irma dan suaminya pu pergi meninggalkan kasma . Di dalam laboratorium …
Kasma : (membawa sample urine dan menyimpannya diatas meja )niar , ini ada sample urine ! tolong kamu periksa albumin dan reduksinya  setelah itu tolong kamu bawa ke ruangan pemeriksaan bidan dian !
Niar (Analisis kesehatan 2) : baik , saya akan melakukan pmeriksaannya sekarang !
Niar  pun menyiapkan alat-alatnya dan segera melakukan pmeriksaanya ….setelah pemeriksaan selesai dia pun segera pergi ke ruangan pmeriksaan bidan membawa sample urine .
Niar                 : permisi bu !
Dian                : iya silahkan masuk !
Niar                 : ini bu hasil pemriksaan urine bu irma !( memberikan sebuah selembar kertas )
Dian                : iya , tolong panggilkan bu irma agar saya dapat menjelaskan apa yang dialaminya .
Niar  pun segera memberitahukan bu irma untuk segera ke ruang pemeriksaan..
Dian                : dari hasil pemeriksaan tadi, saya sarankan ibu untuk segera ke rumah sakit dan konsultasi dengan dokter . Kalau tidak, saya khawatir perkembangan janin dan ibu akan tergangggu. Sepertinya ibu mengalami gejala pre-eklamsia  karena tensi ibu tadi 140/100 itu tinggi sekali untuk seusia ibu serta terjadinya kebocoran protein dalam urine ibu. Jika ibu bersedia saya akan mengurus surat rujukan ibu segera..
Irma                 : kalau begitu baiklah bu bidan saya bersedia untuk di rujuk !
Irma beserta keluarganyapun langsung bergegas menuju rumah sakit.,., sesampainya dirumah sakit, irma langsung di antar keruang persalinan dan mendapat penanganan yang lebih intensif.,.,.,
Rina                 : kita harus segera melakukan mengakhiri kehamilan bu irma   .,.,.
Anti                 : memangnya kenapa dok???
Rina                : saya khawatir ada apa-apa dengan  ibu irma,.,.,. saya harus melakukan operasi,
Anti                : sebenarnya apa yang terjadi sama menantu dan cucu saya dok.,??
Rina                 : menantu ibu mengalami pre-eklamsia berat , keadaan tersebut dapat membahayakan nyawa menantu ibu jika kami tidak segera melakukan operasi terminasi kehamilan..
Anti                : apakah tidak ada cara lain dok ? jika dokter  mengakhiri kehamilan irma, itu berarti saya harus kehilangan cucu pertama saya yang telah lama saya nantikan .
Rina                : tapi  tidak ada cara lain untuk menyelamatkan ibu irma selain dengan operasi . jadi Sebaiknya kalian segera menandatangani surat perjanjian operasi, akan saya siapkan semuanya…. Apa kalian setuju.,.,??
Hasni               : iya dok, saya setuju.,.,., lakukan apa saja asalkan istri saya selamat.,.,.
     Akhirnya, operasi pun dilakukan,,,,,,,, setelah beberapa saat kemudian operasi pun selesai……..
Anti                 : bagaimana hasilnya dok, ,,,???
Rina                :  maaf,,, cucu ibu sudah meninggal sejak 6 jam yang lalu dalam kandungan dan  keadaan ibu irma semakin melemah sehingga tidak dapat tertolong .. kami sudah berusaha semaksimal mungkin ,, namun Allah berkehendak lain.
     Kemudian dokter mempersilahkan keluarga pasien untuk bertemu terakhir kalinya.
Dan terjadilah percakapan antara perawat dengan salah satu keluarga pasien.
Jum (Perawat  2) :  maaf bu, kami akan melepaskan terlebih dahulu alat-alat  kesehatan yang digunakan  pasien sebelumya…
Anti                : iya sus, silahkan. ..( dengan terisak-isak)…
Jum                   : sabar bu, semua yang terjadi itu sudah kehendak Allah,  kami hanya berusaha…. Dan semua cobaan itu pasti ada hikmahnya…..
       Setelah selesai melepaskan alat-alat kesehatan perawat dan keluarga pasien membawa pasien ke mobil ambulans untuk membawa jenazah kerumahnya…….

Saat ini anda sudah membaca tentang Contoh Naskah Drama etika kebidanan yang kami berikan diatas, semoga bisa menjadi info bermanfaat ya, dan jangan lupa baca selengkapnya disini untuk Kumpulan Naskah Drama yang lainnya juga.

0 Response to "Contoh Naskah Drama etika kebidanan"

Posting Komentar