Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen

Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen - Kami akan sampaikan disini Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen lengkap sekali sehingga anda bisa mendapatkan Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen dini selengkapnya dan tentunya ini akan bisa menjadi Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen untuk pertunjukan anda dan tentunya Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen ini akan bisa menjadi salah satu prestasi anda disaat anda melakukan Drama dengan teman-teman anda dipentas. Ini adalah salah satu Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen terbaik yang bisa kami posting dan bisa menjadi pelajaran yang sangat berguna sekali karena Cerita Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen ini sangat menyentuh hati, kocak dan sangat menyenangkan sekali saat dipentaskan dengan teman-teman nantinya.

Untuk itu dapatkan Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen ini disini yang kami berikan lengkap sehingga bisa menjadi pertunjukan yang sangat bagus sekali, dan anda akan mendapatkan nilai bagus untuk Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen ini, lengkap sekali Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen ini dan pastinya kamu semua akan puas dengan Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen tersebut, dan untuk untuk itu langsung dapatkan Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen dibawah ini yang sobat semua.

 1. Menentukan Konflik
Tentunya kamu sering melihat konflik atau pertentangan-pertentangan itu di masyarakat, di sinetron, atau dalam kehidupanmu sendiri.

Menyusun naskah drama dapat kamu mulai dengan menentukan suatu konflik. Konflik dapat kamu temukan dengan mengamati konflik yang ada di sekitarmu, mengamati konflik dalam sinetron/film, atau membayangkan konflik yang pernah kamu alami.

Untuk mengidentifikasi konflik yang dikenal/dialami, tulislah salah satu konflik/pertentangan berdasarkan peristiwa nyata yang kamu sukai! Diskusikan pemilihan konflik dengan kelompokmu!

Misalnya konflik yang akan digambarkan adalah pertentangan anak dan orangtuanya karena orangtuanya mempunyai pekerjaan yang tidak sesuai dengan harapannya.

2. Menyusun Urutan Peristiwa untuk Satu Babak
Lengkapilah konflik yang telah kamu tentukan menjadi sebuah rangkaian cerita! Berilah nama tokoh-tokoh yang ada dalam rangkaian ceritamu! Nama tokoh tidak harus sama dengan nama tokoh aslinya dalam peristiwa nyata. Amati contoh berikut!

    Asri seorang siswa SMP malu memiliki bapak seorang penjual bubur di gerobak. Dia marah karena ketika melihat bapaknya berjualan di sekolahnya, padahal dia pernah meminta ayahnya untuk tidak berjualan di sekolahnya. Sesampai di rumah Asri marah kepada ayahnya.
    Ayahnya tetap berpendapat bahwa pekerjaannya mulia dan tidak harus ditinggalkan. Asri membandingkan ayahnya dengan ayah Shanti sahabatnya yang seorang pejabat dan selalu dibangga-banggakan Shanti.
    Ternyata ayah Shanti ditangkap polisi karena korupsi dan masuk koran. Asri di sekolah kaget ketika melihat teman-temannya membicarakan penangkapan ayah Shanti yang dimuat di koran. Reaksi teman Asri di sekolah mencemooh Shanti yang selama ini terlalu membangga-banggakan jabatan ayahnya.
    Guru menjelaskan bahwa tidak boleh memvonis Shanti karena kita tidak boleh menilai seseorang dari ayahnya. Dengan peristiwa itu, Asri menjadi sadar bahwa orang dinilai bukan karena orangtuanya tetapi karena prestasinya. Asri bangga meskipun ayahnya hanya seorang penjual bubur di gerobak dorong.


Baca sekali lagi rangkaian peristiwa yang akan kamu tulis dalam drama! Pilih bagian peristiwa yang akan kamu gambarkan dalam adegan! Tentukan berapa adegan yang akan kamu gambarkan!

Misalnya, dengan rangkaian peristiwa dalam konflik pada kegiatan tersebut dipilihlah peristiwa-peristiwa berikut.

(1) Peristiwa di rumah ketika bertemu ayahnya (adegan 1 timbulnya konflik)

(2) Peristiwa di sekolah ketika siswa dan guru membicarakan ayah temannya yang ditangkap polisi karena korupsi (adegan 2 penyelesaian).
Contoh Cara Membuat dan Menulis Naskah Drama Berdasarkan Peristiwa Nyata
Menulis Naskah Drama

3. Mengembangkan Urutan Peristiwa Menjadi Naskah Drama Satu Babak
Pengembangan naskah drama dapat dilakukan dengan membayangkan dialog-dialog yang mungkin terjadi pada peristiwa yang dipilih. Amati pengembangan naskah drama berikut!

Contoh Naskah Drama Berdasarkan Peristiwa Nyata di Atas
Adegan 1

Dialog antara Asri dan Ayahnya mengenai profesi pekerjaan ayahnya yang dianggap oleh Asri ”sangat memalukan”.

Asri : Apapun alasannya, aku nggak mau tahu.

Ayah : Meskipun kita harus tidak makan?

Asri : Kalau begitu aku besok akan berhenti sekolah.

Ayah : Mengapa?

Asri : Untuk cari makan sendiri.

Ayah : Bukan begitu As

Asri : Pokoknya aku tidak mau, pilih aku berhenti sekolah atau bapak cari pekerjaan lain.

Ayah : Kamu tahu aku tidak punya keahlian apa-apa. Sejak ibumu masih hidup aku sudah menjalani pekerjaan ini. 20 tahun As!

Asri : Hasilnya … hanya begini-begini saja

Ayah : Bagi saya kamu dapat sekolah dan jadi anak yang sholekah itu sudah cukup.

Asri : Enak si Shanti. Ayahnya pejabat dan dihormati di mana-mana. Dia dengan Bangga dapat menunjukkan foto ayahnya yang sedang meresmikan sebuah bendungan.
Ayah : Terserah pendapatmu, biarlah ayah dengan pendirian ayah sendiri. Bagi Ayah, yang penting pekerjaan itu halal dan dapat digunakan sebagai alat beribadah. Aku mau sembahyang dulu. kamu juga belum sembahyang kan? (Ayah Asri masuk. Asri melemparkan tasnya dengan kesal lalu masuk mengikuti ayahnya)

Adegan 2

Kelas sedikit gaduh. Nampak beberapa siswa duduk di kelas. Pelajaran belum dimulai. Siswasiswa berebutan memegang koran dan menunjuk foto dalam koran. Asri masuk kelas dan sedikit terkejut melihat temannya berebut baca koran.

Toni : Nggak nyangka ya ternyata mobil mewah itu ….

Agus : Iya ya… nggak nyangka.

Asri : Ada apa ini?

Dewi : Itu..tuh ratu kelas kita… ternyata bokapnya ……!

Asri : Kenapa?

Dewi : Baca koran ini!

Asri : (menyahut koran yang di pegang Dewi) Kasihan Shanti!

Guru : Sudah masuk anak-anak! Segera bersiap! (Ketua kelas memimpin berdoa)

Guru : Ibu tahu, apa yang kalian ributkan hari ini.

Agus : Iya Bu…! Sekarang kita punya teman anak seorang koruptor!

Guru : Tidak boleh begitu Gus! Kita tidak boleh memvonis apa-apa terhadap Shanti. Anak tidak pernah minta dilahirkan dari orangtua yang bekerja sebagai apa pun.

Dewi : Tapi dia terlalu membangga-banggakan sebagai anak pejabat, Bu.Guru

Guru : Kita jangan pernah memandang anak siapa teman kita, pandanglah bagaimana perilaku dan prestasi teman kita itu. (mata Bu guru melirik Asri) Asri menunduk.

Guru : Sekarang kita mulai pelajaran Bahasa Indonesia. Buatlah puisi tentang seseorang yang kamu kagumi! (kelas hening sejenak, guru berjalan mengelilingi siswanya yang sedang membuat puisi)

Guru : Yang sudah selesai, saya minta membacakan di depan kelas.

Agus : Saya Bu! (Agus menuju ke depan kelas dengan mantap dan membaca puisinya)

    Ibuku Pahlawanku

    Malam buta kau terjaga
    Membawa bakul tua
    Menjadi penjaja sayuran
    Meski bukan pilihan
    Kau mantap
    menatap masa depan
    Ibuku …………….!
    Bagiku kau adalah pahlawan

Guru : Bagus, seorang bakul juga pahlawan. Siapa lagi yang sudah selesai?

Asri : Saya ingin mencoba Bu! (Asri berjalan pelan ke depan kelas)

    Gerobakmu mengoyak sepi

    semua gang kau susuri
    Tak peduli
    orang yang penuh harga diri
    menatapnya dengan risi
    demi cita yang terpatri
    dia yakin Tuhan selalu menemani

Guru : Puisimu belum diberi judul As? Apa judulnya?

Asri : Ayahku (jawabnya mantap)

Toni : Hebat! Ternyata penjual makanan keliling bisa mendidik anaknya selalu juara kelas. (terdengar bel istirahat berbunyi)

Guru : Puisi yang lain kita bacakan pada pelajaran berikutnya. Kita istirahat dulu.

Kelas : Hoore ! (semua teman-temannya berhamburan keluar)

Asri menunduk sendirian, dia bergumam lirih ……… Maafkan aku Ayah!

Bandingkan rangkaian cerita dengan drama yang dikembangkan! Apakah semua bagian cerita telah dikembangkan dalam drama? Tandailah bagaian drama yang menunjukkan hal-hal berikut!

a. Asri marah dengan ayahnya tetapi ayahnya tetap beranggapan bahwa pekerjaannya adalah pekerjaan mulia.

b. Asri menyadari bahwa seseorang akan dinilai dari prestasinya bukan dari pekerjaan ayahnya.

4. Latihan Melengkapi Dialog dari Rangkaian Peristiwa dalam Gambar
Selain dengan pancingan konflik seperti yang telah dijelaskan di atas, penulisan naskah drama juga dapat dilakukan dengan mengamati gambar atau peristiwa yang menyentuh perasaan.

Ikutilah langkah-langkah penyusunan drama berikut!

a. Amati gambar di samping! Gambar pengemis kecil di tengah hujan lebat menadahkan tangan kepada penumpang mobil

b. Bayangkan apa saja yang bisa terjadi dengan tokoh-tokoh yang terlibat dalam gambar/peristiwa!

c. Buatlah rangkaian cerita dengan memikirkan mengapa pengemis kecil itu sungguh-sungguh mencari uang padahal hujan deras mendera? Mengapa tidak menunggu hujan reda? Apa yang bisa terjadi pada pengemis kecil itu dengan terus menadahkan tangan di tengah hujan tersebut?

Pilihlah peristiwa yang akan kamu gambarkan dalam dramamu! Misalnya, peristiwa di rumah mewah dan peristiwa di rumah pengemis kecil.

5. Mengomentari Naskah Drama yang Disusun
Naskah drama setiap kelompok dipasang di papan tulis! Setiap kelompok akan membaca hasil karya kelompok lain.

Komentarilah naskah drama yang disusun dari segi (1) kesesuaian dialog dengan peristiwa yang akan digambarkan, (2) kejelasan bahasa dalam dialog, (3) ketepatan bentuk drama, dan (4) kejelasan narasi (penjelasan) sehingga mudah dipentaskan.

6. Menulis dan Menyunting Naskah Drama
Setelah kamu berlatih menyusun naskah drama dengan rangkaian peristiwa yang sudah ditetapkan, sekarang kamu ditugasi menyusun naskah drama dengan menentukan sendiri rangkaian peristiwanya.

Tulislah rangkaian cerita dan susunlah sebuah naskah drama secara kelompok berdasarkan rangkaian cerita yang kamu buat!

Naskah drama yang kamu susun akan dinilai dari segi (1) keunikan konflik yang diangkat dalam naskah drama, (2) kelogisan penyelesaian konflik, (3) kesesuaian dialog dengan rangkaian peristiwa yang digambarkan, (4) kejelasan isi dialog, dan (5) kejelasan narasi (penjelasan) sehingga mudah dipentaskan.

Saat ini anda sudah membaca tentang Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen yang kami berikan diatas, semoga bisa menjadi info bermanfaat ya, dan jangan lupa baca selengkapnya disini untuk Kumpulan Naskah Drama yang lainnya juga.

0 Response to "Contoh Naskah Drama berdasarkan cerpen"

Posting Komentar